Cara mengatur pola konsumsi makanan sehat sesuai umur

Mengkonsumsi makanan dengan pola makan sehat menjadi salah satu syarat yang mutlak untuk membantu Anda terbebas dari penyakit penyakit di dalam tubuh. Pola makanan sehat juga mampu membuat umur Anda lebih panjang. Namun hal tersebut terkadang sulit untuk dilakukan karena berbagai faktor, seperti kebiasaan konsumsi makanan cepat saji yang sulit untuk Anda hindari.

Ternyata untuk aturan pola makan sehat berbeda dari setiap tentang usia. Hal tersebut dikarenakan setiap tentang usia memiliki keseimbangan makanan dan juga gizi yang dibutuhkan berbeda antara satu sama lain. Berikut adalah beberapa cara mengatur pola konsumsi makanan sehat sesuai dengan usia:

Untuk remaja

Remaja merupakan periode di mana transisi antara masa anak anak ke awal masa dewasa. Rentang usianya biasanya antara 10 tahun hingga 18 tahun. Pola makan yang biasa dikonsumsi oleh Rentang umur ini adalah makan makanan yang tidak sehat, misalnya seperti makanan cepat saji, atau gorengan. Makanan cepat saji dapat termasuk seperti makanan ringan tinggi kalori, soda, ataupun jenis lainnya. Makan makanan tersebut memiliki kandungan gula yang sangat tinggi. Untuk para remaja, sebaiknya konsumsi minuman ringan dan juga minuman yang memiliki kandungan gula tinggi dikurangi. Selain itu sarapan tiap pagi jangan dilewatkan. Remaja juga sebaiknya melakukan makan siang dan makan malam dengan teratur, dan mengkonsumsi makanan yang tidak memiliki garam berlebihan ataupun lemak yang tinggi.

untuk remaja hindari makanan berkalori tinggi

Untuk orang dewasa

diusia dewasa kamu wajib untuk menjaga pola makan yang sehat .

Di usia antara 26 tahun hingga 45 tahun merupakan usia yang dikatakan sebagai dewasa. Dalam usia tersebut, Anda harus memperhatikan pola makan Anda untuk memenuhi gizi. Mengatur pola makan Anda menjadi lebih disiplin akan membantu Anda terhindar dari penyakit yang muncul ketika Anda dewasa, yang akan berpengaruh pada usia Anda ketika telah lanjut. Konsumsi buah buahan ataupun sayuran sangat dianjurkan bagi para orang dewasa. Idealnya konsumsi buah buahan yaitu sebanyak dua hingga tiga porsi, dan juga mengkonsumsi sayur kira kira tiga hingga empat porsi.

Untuk lanjut usia

untuk lansia di prioritaskan memakan-makanan yang lunak dan mudah dicerna

Lansia merupakan golongan orang-orang yang berada di usia di atas 46 tahun. Dalam usia ini, mereka biasanya mengalami beberapa perubahan secara biologis, misalnya lemak dalam tubuh yang kian banyak, dan juga beberapa gigi yang telah tanggal. Untuk mengatur pola makan bagi para lanjut usia ini disarankan yang mampu membantu menurunkan risiko komplikasi penyakit. Pada usia ini, biasanya orang orang akan mengalami penurunan tingkat Imunitas. Di kondisi Imunitas yang rendah, konsumsi ikan, tempe, tahu, dan juga susu rendah lemak sangat disarankan. Selain itu hal ini perlu dilakukan karena daya cerna dari lansia telah mulai menurun. Maka perlu dilakukan pembelian makanan yang lunak dan mudah untuk dicerna.

 

Itulah beberapa cara untuk mengatur pola makan bagi orang orang yang berada di Rentang usia yang berbeda. Hal tersebut perlu diperhatikan sejak dini, sebab akan mempengaruhi ketika pertumbuhan tubuh Anda terus terjadi dan juga ketika Anda telah berada di titik lanjut usia.

Please follow and like us: