Kenali Ciri-Ciri Sayuran Organik Agar Tak Salah Pilih

Kenali Ciri-Ciri Sayuran Organik Agar Tak Salah Pilih Banyak orang yang kini mencari makanan organik karena beberapa alasan, salah satunya yaitu untuk dapat memiliki pola hidup yang sehat dengan memilih makanan yang diklaim mempunyai lebih banyak nutrisi tersebut. Makanan organik merupakan pilihan makanan yang dirasa tepat dan aman karena tak mengandung bahan kimia atau bahan tambahan lain yang dapat mempngaruhi kesehatan. Nah dengan semakin banyaknya kemunculan makanan organik diluar sana, maka anda harus jeli dalam pemilihannya agar tak salah pilih dengan makanan yang ternyata tidak organik. Berikut beberapa tipsnya untuk anda.

Melihat label yang tertera

Langkah pertama yang harus anda lakukan ketika mendapati makanan organik yaitu melihat label yang tertera dalam kemasan. Hal tersebut dilakukan untuk memastikan apakah makanan tersebut benar-benar organik atau tidak. Anda dapat melihat komposisi dari bahan yang digunakan apakah mengandung bahan tambahan kimia ataupun tidak dan seharusnya makanan tersebut lebih banyak mengandung bahan dasar organik. Anda tak ada salahnya untuk melakukan hal tersebut agar terhindari dari penipuan dan tak salah memilih makanan yang benar-benar organik. Jika salah pilih maka yang ditakutkan adalah bahan-bahan yang digunakan dalam makanan organik palsu tersebut berbahaya untuk kesehatan jika terlanjur dikonsumsi.

Cek sertifikasi terkait

Makanan organik biasanya terdapat sertifikasi yang dikeluarkan oleh pemerintah atau bahan tertentu yang mengurusi atau berwenang dalam masalah terkait makanan organik yaitu seperti Bio Cert. Makanan organik merupakan makanan yang berbahan organik pula yang merupakan makanan khusus karena menggunakan bahan-bahan yang dihasilkan dengan cara dan teknik perawatan yang baik deengan tanpa menggunakan bahan kimia dalam prosesnya. Oleh karena itu, khusus makanan organik terdapat adanya sertifikasi.

Produk bahan makanan organik dalam keadaan segar

Nah makanaan organik mengandung lebih banyak bahan dasar organik pula. Untuk itu, anda perlu mengetahui kondisi secara fisik dari bahan makanan organik. Nah sayuran atau buah-buahan yang termasuk dalam jenis organik mempunyai beberapa ciri-ciri yang harus diketahui agar anda tak salah pilih. Sayuran dan buah-buahan haruslah dalam kondisi yang segar jika anda akan memilihnya untuk selanjutnya diolah. Bahan yang segar dapat diartikan bahwa bahan tersebut berkualitas baik yang mungkin mengindikasikan bahwa bahan tersebut baru saja dipanen atau disimpan dengan cara yang tepat dan baik pula. Akan sangat penting untuk anda memperhatikan hal ini.

Produk bahan makanan organik dalam keadaan baik

Nah bahan organik seperti sayuran atau buah-buahan organik biasanya mempunyai ciri atau tampilan luar tertentu yang dapat aanda lihat dengan jelas. Agar aanda tak salah pilih mengenai sayuran serta buah-buahan organik maka pernting bagi anda untuk memperhatikan hal ini. Sayuran organik biasanya dalam kondisi yang tidak terlalu mulus, maksudnya akan wajar bila didapati adanya lubang bekas gigitan ulat dalam sayur organik tersebut. Nah ciri lainnya yaitu buah dan sayur organik tampil dengan warna yang cerah dan tidak akan ditemukan semacam lapisan seperti lilin dalaam permukaannya. Adanya lapisan tersebut mengindikasikan bahwa sayur atau buah tersebut bukanlah organik melainkan non organik karena mungkin saja menggunakan bahan kimia untuk melapisinya agar lebih awet.

Nah dengan beberapa tips tersebut maka anda akan bisa memilih mana makanan yang benar-benar organik dan yang non organik, sehingga anda tak akan mengalami salah pilih dalam hal tersebut.

Please follow and like us:

1 Comments

  1. anggap saja pas mau beli seperti bahan makanan lainnya, cek busuk atau tidak, masa exp nya kalo beli di supermarket atau dicium dulu sudah bau apa belom

Leave a Comment