Pengaruh Kopi Bagi Kesehatan Tubuh dan Kulit

Pengaruh Kopi Organik Bagi Kesehatan Tubuh dan Kulit. Siapa yang tidak menyukai kopi? Produk minuman ini dapat dinikmati di mana saja dan kapan saja. Kopi merupakan salah satu produk yang banyak digemari, bahkan di Indonesia sendiri hampir semua orang pasti menyukai kopi. Kopi ialah sebuah minuman yang dihasilkan dari proses penyeduhan dari biji kopi yang sebelumnya sudah disangrai. Yang kemudian dihaluskan sehingga menjadi bubuk kopi.

Beragam Jenis Bubuk Kopi Yang Tersedia di Pasaran

Bubuk kopi inilah yang dijual di pasaran dengan beraneka ragam jenis kopi. Sekarang ini, produk jenis kopi ini semakin bermacam-macam sesuai dengan permintaan dari peminat kopi yang juga meningkat. Berbagai macam kopi yang saat ini dapat anda temui adalah kopi torabika gayo yang berasal dari aceh, kopi sumatera. Terdapat juga kopi wamena yang berasal dari Papua, kopi toraja yang berasal dari Sulawesi. Sedangkan kopi flores bajawa yang berasal dari dataran flores. Ada juga kopi kintamani yang berasal dari Bali, kopi jawa, kopi wamena, kopi luwak, dan kopi sidikalang. Kopi tersebut dinyatakan berbeda tidak hanya dari jenis biji dan lokasi geografis tempat kopi itu berasal saja. Tetapi karena proses pengolahan (penggilingan), kualitas cita rasa, aroma yang ada, serta kekentalan dan tingkat keasaman. Hasilnya kopi-kopi tersebut memiliki karakteristik sendiri-sendiri yang membuatnya diminati karena keunikannya. Kopi ini dikenal sebagai varian kopi hitam (tradisional) yang memiliki kandungan jumlah kafein yang lebih berlimpah.

Saat ini dengan semakin canggihnya teknologi, kopi dengan jenis modern pun mulai bermunculan. Kopi modern dikenal sebagi jenis kopi yang memiliki campuran dengan berbagai bahan yang lainnya, di samping kopi itu sendiri. Misalnya foam, susu, cokelat, dan moka. Beberapa macam contoh kopi modern yang pada umumnya dijual. Bisa kamu temukan di tempat minum kopi adalah Espresso, Piccolo, Macchiato, Latte, Cappucino. Aneka ragam varian kopi tersebut sangat diminati baik oleh remaja maupun orang dewasa. Akan tetapi tidak banyak orang mengetahui mengenai pengaruh yang ditimbulkan dengan meminum produk kopi yang sembarangan. Sembarangan di sini memiliki maksud bahwa anda mengkonsumi suatu minuman kopi tanpa mengetahui proses produksinya.

Perkebunan Kopi Yang Baik Tidak Menggunakan Bahan Kimia

Sudah menjadi rahasia umum bahwa suatu perkebunan kopi akan berinisiatif menghasilkan produk kopi yang baik. Hasilnya tak jarang perkebunan akan menggunakan bahan-bahan kimia tertentu untuk memelihara tumbuhan kopi agar dapat tumbuh dengan sempurna. Padahal hal tersebut tidak baik untuk kesehatan saat dikonsumsi. Karena kandungan zat kimia yang disemprotkan pada tumbuhan kopi akan ikut serta terkonsumsi oleh manusia saat meminumnya. Oleh karena itu, kopi organik merupakan pilihan yang tepat untuk dikonsumsi daripada meminum kopi biasa. Mungkin tak banyak dari anda yang mengetahui apa itu kopi organik? Kopi organik ialah sejenis produk minuman dari bubuk kopi yang pada proses produksinya hanya menggunakan bahan-bahan non kimia.

Pada proses penanaman hingga pembudidayaan, petani kopi organik tidak menggunakan produk berbasis kimia pertanian. Yang biasa digunakan untuk membasmi hama dan penyebab penyakit atau kerusakan tanaman. Hasilnya, produk kopi organik akan berisi 100% biji kopi yang lebih sedap dan murni. Dikarenakan tebebas dari produk kimia, kopi organik sangat bermanfaat untuk kesehatan. Seperti mengurangi potensi terserang beberapa penyakit seperti parkinson (turunnya fungsi otak), alzheimer (turunnya daya ingat) dan resiko kanker. Tak hanya itu, ternyata kopi organik juga dapat dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan kulit. Seperti dengan menggunakan ampasnya sebagai masker wajah agar kulit tampak cerah dan kencang. Serta digunakan untuk perawatan pada kulit kepala agar lebih sehat.

Please follow and like us: