Tips Mengolah Makanan Dengan Bahan Dasar Sayuran Organik

Tips Mengolah Makanan Dengan Bahan Dasar Sayuran Organik Sayuran dikatakan menjadi salah satu bahan makanan yang harus dikonsumsi karena mengandung berbagai zat yang baik dan dibutuhkan oleh tubuh. Dengan mengonsumsi sayuran maka anda akan dapat hidup lebih sehat dan terhindar dari berbagai penyakit. Bahkan saat ini telah banyak orang yang mempunyai gaya hidup yang hanya mengonsumsi makanan berbahan dasar non hewani hang berarti didalamnyaa lebih banyak mengonsumsi sayuran atau yang disebut dengan vegetarian. Nah sebenarnya ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika akan mengolah sayuran organik agar anda bisa memperoleh manfaatnya. Untuk itu, maka berikut ini akan disebutkan beberapa tips seputar cara mengolah sayuran organik yang tepat untuk anda yang ingin memasaknya sendiri dirumah.

Mencucinya terlebih dahulu

Sebelum anda memulai untuk memasaknya maka terlebih dahulu sayuran organik harus dicuci. Pencucian dilakukan di air yang mengalir agar kotoran yang ada dapat langsung keluar dan terbuang bersama air cucian tersebut. Hal ini Tentu saja dilakukan untuk memastikan sayuran yang akan dikonsumsi dalam keadaan yang bersih.

Memperhatikan kebersihan alat yang digunakan

Tak hanya bahan saja yang harus bersih, alat yang digunakan pun harus bersih. Jika bahan bersih namun alat yang digunakan kotor, maka sama saja anda akan memasak makanan yang dalam keadaan kotor dan bisa memicu adanya penyakit tertentu. Maka dari itu kebersihan menjadi poin penting dalam pengolahan sayuran organik.

Jangan dimasak terlalu lama

Sayuran mengandung banyak nutrisi yang ada didalamnya dan jika dilakukan pemanasan yang berlebih atau dalam waktu yang lama maka beberapa nutrisi yang ada akan semakin berkurang bahkan hilang. Oleh karena itu, untuk menghindari hak tersebut maka anda harus mengolahnya dengan tanpa memasaknya terlalu lama, cukup dengan tak lebih dari 5 menit.

Lebih baik direbus

Jika anda menginginkan pola hidup yang lebih sehat, maka kurangilah makanan yang diolah dengan digoreng atau ditumis atau lainnya yang dilakukan dengan penggunaan minyak yang berlebih. Nah untuk mengatasinya maka akan lebih baik jika sayuran diolah dengan direbus dan dibuat seperti sayur yang berkuah atau lainnya.

Jangan menggunakan banyak minyak

Selain jangan dilakukan pemanasan dalam waktu yang lama, tips yang lainnya agar bisa mengolah sayuran organik dengan tepat yaitu dengan memasaknya dengan tak memerlukan banyak minyak. Mengapa demikian? Terlalu banyak mengonsumsi makanan yang digoreng atau dengan penggunaan minyak yang berlebih akan mempengaruhi kesehatan. Hal mudah yang bisa saja terjadi yaitu radang akibat makan terlalu banyak makanan yang digoreng. Nah untuk itu maka olahlah sayuran dengan sedikit saja bahkan tanpa menggunakan minyak. Anda dapat menumisnya atau dibuat masakan lainnya yang menggunakan minyak namun harus tetap dalam jumlah yang sedikit.

 

Dengan memperhatikan beberapa hal tersebut diatas, maka diharapkan anda bisa menghasilkan suatu olahan makanan organik yang tepat sehingga kandungan nutrisi yang ada didalamnya tetap terjaga dengan baik. Jika menginginkan gaya hidup yang sehat, maka anda dapat memiluh makanan berbahan dasar organik untuk dijadikan menu makan sehari-hari anda, namun anda harus siap dengan pengeluaran yang lebih karena harga yang ditawatkan lebih mahal jika dibandingkan dengan bahan non organik. Nah bagaimana informasinya? Menarik bukan? Semoga informasi tersebut dapat bermanfaat untuk anda terutama yang sedang menjalani gaya hidup yang sehat dengan makanan organik.

Please follow and like us:

1 Comments

Leave a Comment